Home » » Kegunaan dan Kerugian Senyawa Fosfor di Alam

Kegunaan dan Kerugian Senyawa Fosfor di Alam



1 Kegunaan
  1. Fosfor sangat penting dan dibutuhkan oleh mahluk hidup tanpa adanya fosfor tidak mungkin ada organic fosfor di dalam Adenosin trifosfat (ATP) Asam Dioksiribo nukleat (DNA) dan Asam Ribonukleat (ARN) mikroorganisme membutuhkan fosfor untuk membentuk fosfor anorganik dan akan mengubahnya menjadi organic fosfor yang dibutuhkan untuk menjadi organic fosfor yang dibutuhkan, untuk metabolisme karbohidrat, lemak, dan asam nukleat.
  2. Kegunaan fosfor yang terpenting adalah dalam pembuatan pupuk, dan secara luas digunakan dalam  bahan  peledak, korek api,  kembang api, pestisida, odol, dan deterjen.
  3. Kegunaan fosfor yang paling umum ialah pada ragaan tabung sinar katoda (CRT) dan lampu fluoresen, sementara fosfor dapat ditemukan pula pada berbagai jenis mainan yang dapat berpendar dalam gelap (glow in the dark).
2 Kerugian
  1. Penyalahgunan fosfor menjadi Bom yang sangat mengerikan. Fosfor bomb  memiliki sifat utama membakar. Menurut Ang Swee Chai, seorang perempuan, dokter ortopedis kelahiran Malaysia yang juga seorang ahli medis. Dalam bukunya ”From Beirut to Jerusalem” (Kuala Lumpur, 2002), zat fosfornya biasanya akan menempel di kulit, paru-paru, dan usus para korban selama bertahun-tahun, terus membakar dan menghanguskan serta menyebabkan nyeri berkepanjangan. Para korban bom ini akan mengeluarkan gas fosfor hingga nafas terakhir.

Fosfor merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan. Dalam beberapa tahun terakhir, asam fosfor yang mengandung 70% – 75% P2O5, telah menjadi bahan penting pertanian dan produksi tani lainnya. Fosfor juga digunakan dalam memproduksi baja, perunggu fosfor, dan produk-produk lainnya. Trisodium fosfat sangat penting sebagai agen pembersih, sebagai pelunak air, dan untuk menjaga korosi pipa-pipa. Fosfor juga merupakan bahan penting bagi sel-sel protoplasma, jaringan saraf dan tulang. Oleh karena itu, kita harus mengetahui tentang betapa pentingnya fosfor dalam kehidupan.

2 komentar:

  1. makasih info nya guys sangat berguna



    Jasa sadap handphone. berbagai fitur dan berbagai tipe HP.

    Bisa untuk HP :

    - IPHONE.
    - ANDROID.
    - NOKIA.
    - BLACKBERRY.
    - WINDOWS PHONE & MOBILE
    - SYMBIAN (tidak tersedia)

    (Sadap data komunikasi)


    - SADAP PANGGILAN SUARA
    - SADAP SMS & MMS
    - SADAP FOTO/ VIDEO
    - SADAP EMAIL
    - SADAP SUARA SEKITAR
    - SADAP CHAT FACEBOOK
    - SADAP WHATSAPP, LINE, TELEGRAM, SKYPE
    - SADAP BBM (BLACKBERRY MESSENGER) (tidak tersedia)
    - SADAP LOKASI

    Kunjungi: PENYADAP.COM
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .

    ReplyDelete